Makan dengan Tiga Jari

makan dengna tiga jari, cara makan rosulullahBismillah,, Alhamdulillah udah bisa nge post lagi nih sob, kali ini tentang kebiasaan nabi yang aku ambil dari buku yang di tulis Abduh Zulfidar Akaha.

Salah satu kebiasaan atau sunnah Rasulullah Shallahu Alaihi wa Sallam dalam maknanya, adalah dengan tiga jari. Dalam hadits riwayat Ath-Thabarani disebutkan, bahwa makan dengan tiga jari adalah kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh Nabi ketika makan. Dan jarang sekali beliau makan dengan empat atau lima jari, kecuali jika memang harus menggunakan lebih dari tiga jari.


Dalam sebuah haidts shahih disebutkan,

Dan dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, ‘Aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam makan dengan tiga jari. Dan setelah selesai, beliau menjilat jari – jarinya’. (Hr. Muslim)

Dapat dimengerti, kenapa Nabi makan hanya menggunakan tiga jarinya saja. Hal ini dikarenakan makanan yang sering dimakan beliau adalah makanan kering dan tidak berkuah. Dan, ini adalah sifat kesederhanaan beliau yang tidak suka hidup mewah dan makan makanan yang enak. Selain tu, memang sebagian makanan khas di tanah Arab dan di masa Nabi kala itu, banyak yang terbuat dari tepung kering dan minyak samin. Sehingga makannannya pun memang lebih tepat jika menggunakan tiga jari, yaitu ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah.

Para ulama mengatakan, bahwa mengikuti kebiasaan Nabi makan dengan tiga jari ini, hukumnya tidak lebih dari sekedar istihbab atau disukai. Karena beliau sendiri sama sekali tidak pernah menyuruh para sahabatnya agar makan dengan tiga jari ini tidak lepas dari makanan yang dimakan seseorang. Akan terasa janggal, misalnya Anda makan soto ayam yang berkuah dengan menggunakan tiga jari! Karena tentu lebih tepat, sekiranya Anda makan soto dengan menggunakan sendok atau lima jarin semua.

Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata,

“Adalah Rasulullah Alaihi wa Sallam, apabila selesai makan, beliau menjilat tiga jarinya.” (HR. Muslim)

Dalam hadits ini, jelas disebutkan bahwa beliau biasa makan dengan menggunakan tiga jarinya.
Hmm. Semoga artikel ini bermanfaat sob, semoga kita semua bisa menjalankan Sunnah Rasul, karena di balik sunnah ada kejayaan.

comment 4 komentar:

musthofa on July 19, 2010 at 9:11 PM said...

maksudnya dengan tiga jari itu contohnya gmn ya kang? :b:

Uchu on July 20, 2010 at 4:33 AM said...

:6: Maksutnya dengan menggunakan Jari Jempol, jari telunjuk dan jari tengah mas, maaf yah kurang jelas

Hizrian on July 20, 2010 at 4:49 AM said...

:a: salam dari k-blogger

agus syarifuddin said...

YA SAYA TAMBAHKAN SEDIKIT ,insyaALLAH itu untuk supaya kita makan makanan dengan sambil menikmatiy... ,n mkan jangan sampai kenyang2 . Karna mkan sampai kenyang itu ada 5 afaty...< bahayanya> silahkan baca kitab KIFAYATUL ATKIYYAH. BAB AFATUSSYIBAK CHOMSATUN. DAN SEBETULY... Masih banyak lagi rahasia2 sunnah rosul yang tak dapat dikira2 karna ilmu ALLAH itu sangatlah luas IBARAT kalau laut jadi tintay..tak akan cukup untk menulis ilmu ALLAH. 5F hanya sedikit yg bisa saya utarakan

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger