Siapakah Dajjal

siapakah dan apakah dajjal? siapa dajjal? siapa itu dajjal?Bismillah, Alhamdulillah sob, masih diberi kesempetana untuk ngeposting lagi.
Di Zaman yang modern ini, Zaman yang sudah maju sudah banyak orang yang lalai memperhatikan soall Dajjal, Padahal Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam memperingatkan ummatnya mengenai yang satu ini sebagai fitnah yang paling dahsyat sepanjang zaman. Tidak ada fitnah yang melebihi fitnah Dajjal.

“Allah tidak menurunkan ke muka bumi -sejak penciptaan Adam as hingga hari Kiamat- fitnah yang lebih besar dari fitnah Dajjal.” (HR Thabrani 1672)


Tidak ada fitnah yang melebihi fitnah Dajjal. Bahkan bisa dikatakan bahwa segenap fitnah yang pernah ada di dunia terkait dan hadir dalam rangka mengkondisikan dunia menghadapi fitnah Dajjal.

ذُكِرَ الدَّجَّالُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَأَنَا لَفِتْنَةُ بَعْضِكُمْ أَخْوَفُ عِنْدِي مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَلَنْ يَنْجُوَ أَحَدٌ مِمَّا قَبْلَهَا إِلَّا نَجَا مِنْهَا وَمَا صُنِعَتْ فِتْنَةٌ مُنْذُ كَانَتْ الدُّنْيَا صَغِيرَةٌ وَلَا كَبِيرَةٌ إِلَّا لِفِتْنَةِ الدَّجَّالِ

Suatu ketika ihwal Dajjal disebutkan di hadapan Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam kemudian beliau bersabda: ”Sungguh fitnah yang terjadi di antara kalian lebih aku takuti dari fitnah Dajjal, dan tiada seseorang yang dapat selamat dari rangkaian fitnah sebelum fitnah Dajjal melainkan akan selamat pula darinya (Dajjal), dan tiada fitnah yang dibuat sejak adanya dunia ini –baik kecil ataupun besar- kecuali untuk fitnah Dajjal.” (HR Ahmad 22215)

Menariknya lagi, Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam telah mengisyaratkan bahwa kemunculan Dajjal untuk menebar fitnah dan kekacauan justeru bakal terjadi ketika kebanyakan manusia awam telah lalai dan tidak peduli akan Dajjal. Sedemikian rupa sehingga bila ada yang membicarakan soal Dajjal, maka mereka cenderung mentertawakannya dan menganggapnya sekedar sebagai mitos atau legenda. Demikian pula halnya dengan orang-orang pintar ketika itu. Malah para penceramah, Ustadz, da’i dan Imam di mimbar-mimbar tidak memandang perlu untuk mengangkat tema bahaya fitnah Dajjal.

لَا يَخْرُجُ الدَّجَّالُ حَتَّى يَذْهَلَ النَّاسُ عَنْ ذِكْرِهِ وَحَتَّى تَتْرُكَ الْأَئِمَّةُ ذِكْرَهُ عَلَى الْمَنَابِرِ

“Dajjal tidak akan muncul sehingga sekalian manusia telah lupa untuk mengingatnya dan sehingga para Imam tidak lagi menyebut-nyebutnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad 16073)
Siapakah sebenarnya Dajjal? Dan apakah ia seorang manusia anak keturunan Nabi Adam ‘alaihis-salam, ataukah ia termasuk makhluk kalangan jin atau raksasa atau apa?

Saudaraku, ada sebuah hadist yang panjang dimana di dalam hadits tersebut terungkaplah bahwa Dajjal merupakan seorang lelaki dari kalangan manusia keturunan Nabi Adam ‘alaihis-salam. Namun ia merupakan makhluk yang diberikan Allah keistimewaan tidak seperti kebanyakan manusia pada umumnya. Dan di antara keistimewaan tersebut ialah bahwa ia telah hadir ke muka bumi kita ini sejak zaman Nabi shollallahu ’alaih wa sallam dan para sahabat. Artinya, umur Dajjal sampai saat ini telah mencapai belasan abad atau sekitar seribu empat ratusan tahun. Subhaanallah...

عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَخَّرَ الْعِشَاءَ الْآخِرَةَ ذَاتَ لَيْلَةٍ ثُمَّ خَرَجَ فَقَالَ

إِنَّهُ حَبَسَنِي حَدِيثٌ كَانَ يُحَدِّثُنِيهِ تَمِيمٌ الدَّارِيُّ

عَنْ رَجُلٍ كَانَ فِي جَزِيرَةٍ مِنْ جَزَائِرِ الْبَحْرِ

فَإِذَا أَنَا بِامْرَأَةٍ تَجُرُّ شَعْرَهَا قَالَ مَا أَنْتِ

قَالَتْ أَنَا الْجَسَّاسَةُ اذْهَبْ إِلَى ذَلِكَ الْقَصْرِ فَأَتَيْتُهُ

فَإِذَا رَجُلٌ يَجُرُّ شَعْرَهُ مُسَلْسَلٌ فِي الْأَغْلَالِ

يَنْزُو فِيمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ فَقُلْتُ مَنْ أَنْتَ قَالَ أَنَا الدَّجَّالُ

خَرَجَ نَبِيُّ الْأُمِّيِّينَ بَعْدُ قُلْتُ نَعَمْ قَالَ أَطَاعُوهُ أَمْ عَصَوْهُ

قُلْتُ بَلْ أَطَاعُوهُ قَالَ ذَاكَ خَيْرٌ لَهُمْ


Fatimah binti Qais berkata, "Pada suatu malam pernah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengakhirkan shalat isya` yang akhir, lalu beliau keluar dan bersabda: "Sesungguhnya yang menghalangiku (untuk segera keluar) adalah kisah yang diceritakan Tamim Ad Dari kepadaku dari seorang laki-laki yang berada di sebuah pulau dari gugusan pulau-pulau. Tamim berkata, "Saat itu tiba-tiba ada seorang wanita yang berambut panjang." Tamim selanjutnya bertanya, "Siapa kamu?" Ia menjawab, "Aku adalah Jasasah. Pergilah kamu ke istana itu." Tamim berkata, "Aku pun mendatanginya, ternyata di sana ada seorang laki-laki berambut panjang yang terikat dengan sebuah rantai. Tingginya menjulang antara langit dan bumi. Aku lalu bertanya, "Siapa kamu?" Ia menjawab, "Aku adalah Dajjal. Apakah telah ada seorang Nabi buta huruf yang diutus?" Aku menjawab, "Ya." Ia kembali bertanya, "Apakah orang-orang mentaatinya atau mengingkarinya?" Aku menjawab, "Orang-orang mentaatinya." Ia berkata, "Itu yang lebih baik bagi mereka." (HR Abu Dawud 3767)

Tamim Ad Dari adalah nama seorang pelaut Nasrani yang hidup di zaman Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Ia telah mengadakan suatu pelayaran dimana ia sampai ke sebuah pulau kecil dari gugusan pulau-pulau kecil. Lalu setelah ia turun di pulau itu ia berjumpa dengan Dajjal yang dalam keadaan terikat dirantai. Dan karena begitu ketemu, Dajjal langsung menanyakan perihal Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, maka itulah sebabnya Tamim segera berangkat ke Madinah begitu meninggalkan pulau tadi. Dan setelah Nabi Muhammad mebenarkan soal fakta yang telah dilihat oleh Tamim, maka Tamim langsung mengucapkan dua kalimat Syahadat alias masuk Islam. Alhamdulillah.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ


"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam dan siksa kubur, dan fitnah kehidupan dan kematian, serta keburukan fitnah Masihid Dajjal." (HR Muslim 924)
sumber www.eramuslim.com

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan mengingatkan bahwa Dajjal Itbu ada.

comment 20 komentar:

Dhana/戴安娜 on August 22, 2010 at 7:21 AM said...

salam sahabat
masyaAllah segitukah wujudnya??sangat bermanfaat terima kasih ya

ihsan mufthi on August 22, 2010 at 7:28 AM said...

bca sampai tunttas dulu sb uchu,, ice info nihc

Rizky2009 on August 22, 2010 at 7:36 AM said...

menambah pengetahuan saya lagi sob, makasih dah share

Uchu on August 22, 2010 at 7:40 AM said...

@mba' Dhana,, iya Mba,, kita harus hati2..
@ihsan,, oke sob,, harus hati hati mulai dari sekarang Sob..

Uchu on August 22, 2010 at 10:16 AM said...

@rezky,, alhamdulillah kalo gitu,, thanks balik sob..

Belajar SEO on August 23, 2010 at 5:56 AM said...

wajahnya mengerikan sob

COMPLETE - ALL in One Blog on August 23, 2010 at 8:40 PM said...

Lalu di mana dajjal sekarang???
apakah masih hidup???

Uchu on August 23, 2010 at 10:04 PM said...

@belajar Seo,, maka dari itu sob,, mulai dari sekarang kita semua harus berhati - hati.
@complete,, kalau keberadaannya dimana,,Wallahu'alam sob,, tetapi jika Dajjal masih hidup atau tidak,, iya, smpai skrg dia masih hidup.

Ke'cEbOnk on September 19, 2010 at 5:01 AM said...

:a: trimakasih sob,sungguh berita yang brmanfa'at..

Uchu on September 23, 2010 at 9:27 AM said...

ke'cebonk.. Sama sama sob.. Terima kasih sudah membaca,, semoga Iman kita semakin meningkat..

dajjal said...

ada yang tau arti kata dajjal?
setahu saya adalah orang yang manambah-nambah dalam ajaran agama dg alasan kebaikan umat dll.
biasanya berdalih ini hadits rosul.

Anonymous said...

dajjal itu gk ada .. kalian di bodoh bodohi ama unta2, yang ada hanya beliau Tuhan ... yang mencipatakan smua makhluk adalah Tuhan dari mahkluk halus sampai manusia sampai dewa2 dan setan2, jika kamu banyak dosa siaplah akan di berikan penyakit atau musibah melalui mahkluk halus menyebarkan bencana dan penyakit mellui perantara air, udara, ,makanan dll..pikirlah Seandainya dajal itu ada ..itupun merupakan Cipt. Tuhan yang akan membinasakan kalian atas dosa2 kalian ........apalagi mengatasnamakan Tuhan...dlm diri manusia itu ada dewa dan setan ...begitupun Tuhan pada saat murka beliau akan menampakan dajjal untuk kalian yang bodoh2 menganggap dajal terpisah dari Beliau,

uchu on January 11, 2011 at 12:42 AM said...

@dajjal. Maaf ane belum pernah dengar itu Hadits. bisa kasih referensinya.?
@Anonymous. Maaf Saya tanda petik kata kata anda "dajjal itu gk ada" Nanti kita liat siapa yang benar. Mohon Pakai Nama yah :D

master said...

saya sudah banyak membaca banyak hadis nabi ttg dajjal. silahkan anda semua pelajari lebih jauh.

sebelumnya say mengingatkan bahwa ada diantar manusia yang kafir, islam, dan munafik,
maka berhati-hatilah dengan org kafir dan munafik.

oke,, berdasarkan hadist nabi saw, dajjal adalah suatu segolongan manusia dan bisa berarti dajjal adalh bangsa atau negara.

kita bahkan tidak sadar telah mengikuti dajjal yaitu ketika mengikuti budaya barat budaya kafir, buka aurat di dpn umum, TV, dll...
tanpa sadar bnyk org islam sekalipun yg terperangkap tipu daya dajjal (baca: bangsa kafir)

dajjal buta mata kannnya : artinya dia tidak bisa melihat kebenaran
dajjal mampu menurunkan hujan : dgn teknologinya amerika mampu melakkukan apapun seolah-olah dia tuhan.
dajjal bisa lompat ke langit : amerika dengan kecanggihan teknologinya mampu pergi ke angkasa seolah-olah lompat ke langit, dan kapal selamnya mampu kedasar lautan.

dan masih banyak lagi pembahasan ttg dajjal, ikuti majlis ta'lim dan bnyak lah belajar pada ahlinya, ulama atau ustad yg soleh dan cerdas.


bukan kiyai kampung yg tkd tahu ilmu agama, bahkan ilmu fikih saja tidak tahu, sekarang ini kan banyak ,,org dikampung2 pake sorban dan peci disebut kiyai padahal mereka tidak ada ilmu agamanya. akhirnya muncullah aliran sesat karena belajar agama tidak pake ilmu dan ajaran yg benar

uchu on March 25, 2011 at 12:21 PM said...

Jasakallah Master, terima kasih atas tambahan pengetahuannya. Kita semua sebagai Ummat Islam harus berhati hati dan tetap waspada. Terima kasih atas tambahannya

Anonymous said...

wah pasti amerika nih yg dikatakan ama master sebagai dajjal,,,kenapa dulu waktu tsunami aceh kita menerima bantuan dajjal ya...????

angoes abu muzhaffira on August 31, 2011 at 8:42 AM said...

Kata Dajjal berasal dari kata dajala, artinya, menutupi (sesuatu). Kamus Lisanul-'Arab
mengemukakan beberapa pendapat mengapa disebut Dajjal. Menurut suatu pendapat, ia
disebut Dajjal karena ia adalah pembohong yang menutupi kebenaran dengan kepalsuan.
Pendapat lainnya mengatakan, karena ia menutupi bumi dengan bilangannya yang besar.
Pendapat ketiga mengatakan, karena ia menutupi manusia dengan kekafiran. Keempat,
karena ia tersebar dan menutupi seluruh muka bumi.
Pendapat lain mengatakan, bahwa Dajjal itu bangsa yang menyebarkan barang dagangannya
ke seluruh dunia, artinya, menutupi dunia dengan barang dagangannya. Ada juga pendapat
yang mengatakan, bahwa ia dijuluki Dajjal karena mengatakan hal-hal yang bertentangan
dengan hatinya, artinya, ia menutupi maksud yang sebenarnya dengan kata-kata palsu.

TIPS UNTUK MENHINDARI FITNAH DAJJAL:
Nabi saw bersabda, "Barang siapa hapal sepuluh ayat pertama Surat Al-Kahfi, ia akan selamat dari
(fitnahnya) Dajjal."
"Barang siapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, ia akan selamat dari
(fitnahnya) Dajjal."

siapa saja bisa merupakan dajjal...saya, Anda, negara ataupun Amerika?
selama mata kanannya cacat (baca: tidak bisa melihat kebenaran)

Ya Allah lindungilah kami, keluarga kami dan anak keturunan muslim

Nzanx said...

Bukan hanya hapal sepuluh ayat dlm segi bacaan, tp qta mesti memahami makna ayat-ayat Allah SWT yg luar biasa..
Kebenaran hanya milik Allah semata..

Revas ST :Mantan Peminum Khamar, Penjudi, pezinah, Pemerkosa said...

Allahu Akbar...Allahu Akbar...Allahu Akbar : "Tunjukanlah kami Jalan yang lurus" sekedar... saran buat bang uchu... kalau bisa sebaikx cerita2 yang di Al-Quran yang diangkat topikx, Sampaikanlah walau 1 Ayat... tidak ada keraguan dan pertentangan di dalamx di jamin 100%, islam itu agama yang paling... gampang di jalankan... ga usah di persulit (jgn terlalu monoton) kenapa takut sama dajjal cukup takut sama Allah, Tuhan semua manusia dan Tuhan semua apa yang ada di langit dan di bumi.... Good Luck, Semoga bermanfaat..

Anonymous said...

"Sesungguhnya yang menghalangiku (untuk segera keluar) adalah kisah yang diceritakan Tamim Ad Dari kepadaku dari seorang laki-laki yang berada di sebuah pulau dari gugusan pulau-pulau."

bukankah indonesia adalah gugusan pulau-pulau.... oh Tuhanku.....
ckckckcck

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger