Mengetahui Kunci Kebahagiaan


Kebahagiaan itu bukan berupa cek yang dapat di cairkan dan bukan berupa kendaraan yang dapat diperjualbelikan, kebahagiaan itu timbul karena hati terhibur oleh kebenaran yang dijalaninya. Dadamenjadi lapang karena prinsip yang diyakininya, dan kalbu menjadi tenang karena kebaikan yang dimilikinya, Truus, sebenarnya kebahagiaan apa siih? Hehehhe

Ane pernah baca, para filsuf memberikan pengertian kebahagiaan, menurut Ibnu Maskawaih mendefiniskan kebahagiaan sebagai puncak kebaikan (taman al-khairaf). Dan puncak adalah sesuatu yang apabila kita telah mencapainya kita tidak membutuhkan lagi yang lainnya, jadi diatas kebahagiaan tidak ada lagi nilai (ebaikan) yang lebih tinggi. Tapi kebahagiaan berbeda berbeda dengan kesenangan, looh ko bisa,? hehe, misalnya saja seseorang yang meminum minumak keras, orang itu hanya mencari kesenangan belaka kan, bukan kebahagiaan. Karena jalan kebahagiaan dimulai dari titik taubat, lalu asketik, diteruskan dengan sabar dan syukur dan akhirnya mencapai titik kepuasan dan keridhaan.
Kebahagiaan dapat diusahakn dan dicapai di dunia, tapi pucak kebhagaiaan tentunya bukan di dunia kan sob? Tetapi di akhirat kelak ketika manusia memperoleh kepastian hokum dalam mahkamah Ilahi (whuaah bahasa tingkat tinggi niih), yang dimana ia bebas dari Api neraka dan mendapat tiket ke surge, enak tenaaan.

Seseorang ingin meraih kebahagiaan dituntut untuk segera membenahi dirinya dengan sifat sifat terpuji dan akhlak yang mulia. Tidak ada waktu yang ditunda tunda untuk melakukan kebaikan, menunda unda kesempatan untuk berbuat kebajikan dan tidak mengulur ngulur waktu untuk meraih keutamaan.

Eh sob, orang yang mendapatkan kebuuntungan dari Allah SWT, atau orang memiliki gelar muflihuun setidaknya terdiri dari beberapa Kriteria, diantaranya :

Orang yang bertakwa

Dalam surah al-Baqarah 1-5 dijelaskan bahwa orang yang beruntung itu adalah orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah, sedangkan orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah adalah orang yang beraqwa,.

Menyeru kepada Kebajikan dan mencegah dari kemungkuran
Dalam surah Ali-Imran 104 dijelaskan bahwa orang yang beruntung itu adalah orang yang meyeru kepada kebajikan, meneruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.

Mencintai Rosul
bukti bahwa seseorangberiman dan mencintai Rosul bukan hanya mengaguminya, tetapi juga dengan menaati, membenarkan, meninggalkan apa yang dilarangnya, mencukupkan diri dengan mengamalkan sunnahnya, meninggalkan bid’ah dan mendahulukan sabdanya dari seluruh pendapat manusia.

Berjihad dengan harta dan jiwa
Dalam surah At-Taubah 88 menyatakan bahwa orang yang beruntung itu adalah orang yang berjihad di jalan Allah degan harta dan jiwanya.

Orang yang berat Timbangan Amal kebaikannya
Pengadilan Allah adalah pengadilan yang benar benar adil dan tidak akan menzalimi hambaNya. Allah berikan hasil tanam kita di dunia sesuai dengan apa yang kita tanam. Maka sungguh bahagia ketika seseorang melihat timbangan kebaikannya lebih berat dari pada kejelakannya

Menaati perintah Allah dan menerima KeputusunNya

Sebagai warga yang tinggal di Negara hukum henaklah memilih dan memilah hukum hukum yang sesuai dengan ketentuan Allah dan Rosulnya, utamakannlah pedoman yang telah diberikan Allah yakni al_Qur’an dan sunnah RosulNya

Berbuat kebajikan
Ciri cirri orang yang berbuat baik dalam surah Luqman ayat 4, yakni orang orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka yakin akan adanya negeri akhirat

Kasih sayang sesama Muslim
Dalam al_Qur’an dijelaskan bawha kasih saying sesama muslim itu dikisahkan lewat surah Al-Hasyr ayat 9, dan ane juga dah posting di baca aja deeh sob.

Tidak Kikir
Memiliki harta yang banyak tidak salah, namun yang harus diingat adalah jangan pernah menjadikan harta sebagai tujuan, tapi jadikannlah harta sebagai unyuk mencapai Ridha Allah SWT

Orang yang bertaubat.
Sebaik baiknya manusia adalah ketika dia melakukan suatu kesalahn, ia langsung tersadar dan mengingat Allah serta memohon ampunan atas perbuatannya. Taubat yang harus dibarengi dengan keimanan, dan keikhlasan dan ditindaklanjuti denga amal shaleh.

Sekian deeh Sob, semoga kita semua Bahagia Dunia dan Akhirat, Amiin.

comment 21 komentar:

BUKAN SEKEDAR BLOGGER BERTUAH on April 10, 2010 at 11:23 PM said...

BENAR BANGET SOB...

musab on April 10, 2010 at 11:23 PM said...

pertamaax..
waah.. artikelnya bagus.. boleh di coba nih..
insya Allah Bahagia..

Dheny Gnasher on April 10, 2010 at 11:24 PM said...

Pengen banget ngelakuin itu semua. Ane lagi berusah walaupun memang sulit.

musab on April 10, 2010 at 11:24 PM said...

yahh.. kirain pertamaa.. ow.. ni lodingnyee lama.. jdi salah deh.. keduaa.

mas doyok on April 10, 2010 at 11:39 PM said...

ya asal kita bisa memenuhi hal hal di atas dan ndk terlalu silau dunia ya uchu

makasih artikelnya sangat mencerahkan :)

KangTiar on April 11, 2010 at 12:13 AM said...

:a:

jamal23 on April 11, 2010 at 12:24 AM said...

wah..
diantara point2 yg di atas..
masih ada yg ane blum lakuin...
:c:

comment back ya...


------------------------
My Blog>

Blogger Wonder on April 11, 2010 at 12:29 AM said...

emang c sob tapi susahnya minta ampun... tapi aq tetep berusaha kok sob... doain yach....

Rizki on April 11, 2010 at 12:54 AM said...

Uang dapat membeli segalanya, kecuali kebahagiaan. :c:

Uchu on April 11, 2010 at 1:24 AM said...

@Blogger Wonder, Amiin Soob, Ane do'ain, teteap Istiqomah yaaah :6:

Nabil Muhammad F on April 11, 2010 at 4:23 AM said...

Wah, artikel yg bagus chu.
:a:
Semoga kita semua yang berkomentar disini termasuk orang yang mendapatkan Gelar "Muflihuun" dari Allah Swt. Amiiiinnn. he

Pak Tani on April 11, 2010 at 5:29 AM said...

pada dasarnya kebahagian itu tergantung dari sikap diri sendiri ya sob....bagus artikelnya...thanks..

akhatam on April 11, 2010 at 5:34 AM said...

Hmm 10 poin tersebut memang sudah menjadi suatu syrat mendapatkan suatu kebahagiaan. Tentu tak hanya dunia,, tapi juga akherat...
Tx sobat atas artikelnya!

darahbiroe on April 11, 2010 at 6:52 AM said...

makasih udah berbagi tipz utk meunju kebahagian
thanks bgt udah di share

satrya on April 11, 2010 at 7:00 AM said...

Buat saya kebahagiaan itu melakukan semua yang saya senangi atau hobby saya dan bisa menghasilkan sesuatu dari hobby tersebut..
Tapi tetap berada di jalur yang sudah Allah SWT tentukan.

Kyanya gak ada kritikan ni buat blog yang sdh rapi ini... :6:

lina@women's perspectives on April 11, 2010 at 7:00 AM said...

terima kasih pencerahannnya...

lina@home sweet home on April 11, 2010 at 7:02 AM said...

Orang yang pandai bersyukur, pasti bahagia...

syahidaComputer on April 11, 2010 at 7:16 AM said...

Datang kesini gak sia-sia, dapat pencerahan batin..
MAkasih shob, telah berbagi ilmu ...

Parenting on April 12, 2010 at 12:32 AM said...

Mantab nih. Memang yang dicari tuh kebahagiaan dalam hidup ini

BeDa on April 12, 2010 at 12:36 AM said...

Kunci kebahagiaan yang islami. Setuju.

Salam ukhuwah

M@rYaM_JiLbaBer on April 17, 2010 at 4:31 AM said...

WetZ manTaP kaK...
100 jempol bwt kk...
kbetulan bgt Q da tgs bwt mading dgn tema artikel...
TingKaTkan...
JusT saran kak
bgs y kk namabahin lbh bxk foto islami juga...
sekalian video islam ya kak..
hehhehe
:10:
:12:

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger