Memperbanyak Membaca Al Qur'an

kebiasaan rosulullah di bulan ramdhan, memperbanyak membaca al qur'an, sunnah rasul bulan ramdhanSelama bukan ramadhan, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam banyak membaca Al Qur’an Al Karim. Pada bulan ini Mlaikat JIbril Alaihissalam turun ke bumi atas perintah ALLAH Subhana wa Ta;ala untuk membacakan Al Qur’an kepada utusanNya. Dalam Hadits riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu disebutkan

“Rosulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ditemui Jibril di setiap malam pada bulan Ramadhan Untuk membaca Al Qur’an” (MUttafaq Alaih)

Penjelesan dari Hadits ini atau praktik dari membaca Al Qur’an di sini adalah, bahwa Malaikat Jibril membaca terlebih dahulu dengan didengarkan secara cermat oleh Nabi, kemudiansetelah itu baru giliran Nabi yang membaca dengan didengarkan oleh Jibril.

Kebiasaan Rosulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam dalam hal membaca Al Qur’an pada bulan Ramadhan ini, dari satu sisi memang berbeda dengan ummat Islam pada Ummnya. Karena beliau membaca dengan pengawasan langsung dari seorang malaikat yang bertugas menurunkan Al Qur’an kepada beliau, yaitu Jibril. Dan tentu saja apa yang dilakukan JIbril adalah atas perintah ALLAH.
Ada Tiga Hikma yang dapat dipetik dari ini Sob,

Pertama, Pembacaan Al Qur’an yang dilakukan NAbi di hadapan Jibril ini adalah untuk penguat dan penekanan kembali hafalan beliau, hal ini bukan berarti Nabi lupa akan hafalan Al Qur’an sehingga perlu disimak bacaannya Oleh Jibril . Akan tetapi, justru untuk memeprkokoh hafalan beliau.

Kedua, Kita sebagai umat Islam mesti mencontoh beliau untuk banyak membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan . Tentu saja dengan tujuan untuk memeprkuat hafalan dan memeprbagus bacaan kita.

Ketiga, senantiasa memperbanyak amal Ibadah di bukan Ramadhan yang mulia lagi penuh berkah ini. Di ataranya adalah membaca Al Qur’an.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda,

Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan dating pada Hari kiamat sebagai penolong yang rajin membacanya (H.R Muslim)

Namun Demikian, meskipun dianjurkan membaca AL Qur’an sebanyak banyaknya selama bulan Ramdhan, tidak selayaknya jika kita membaca AL Qur’an dengan cepat dan tergesa gesa tanpa memeprhatikan kaidah tajwid dan tanpa mentadaburi maknanya. Sebagaimana yangs erring kita saksikan di masjid masjid bulan Ramadhan.
Itulah maknannya, ketika Aisyah Radhiyallahu Anha mendengar seseorang membaca Al Qur’an dengan cepat, ia berkata, Seusungguhnya orang ini tidak membaca Al Qur’an, tetapi juga tidak diam.!

Ibnu Abbas berkata “Aku lebih suka membaca Al Baqarah dan Ali Imran dengan tartil dan tadabbur, dari pada membaca seluruh Al Qur’an dengan tergesa gesa dan serampangan”
Dan Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu mengatakan, bahwa barang siapa yang menghatamkan bacaan Al Qur’an, kemudian dia berdo’a, pasti dikabulkan.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi Kita semua di Bulan Ramdhan ini dan dapat menambah keimanan kita kepada ALLAH SWT

comment 8 komentar:

Dhana/戴安娜 on August 24, 2010 at 6:01 AM said...

salam sahabat
khif haliq akhi??????semoga tetep baik baik aja yach....sangat menyukai artikel ini terima kasih

harga ponsel terbaru on August 24, 2010 at 7:10 AM said...

artikel yang sangat bermanfaat kang fikri... salut deh klo ente terus buat posting yang bisa menggugah semangat kita2 agar terus melakukan kebaikan

icantulang on August 24, 2010 at 7:15 AM said...

bener banget kang apalgi di bulan penuh rahmat ini ,, harus perbanyak tadarus ,, thx nih penyemangat nya

Blogger Wonosobo.Com on August 24, 2010 at 7:19 AM said...

saya kok jarang baca al qur'an ya,,,,kerjaannya cuman online mulu...pingn ngaji tapi kok mls terus....ada tips gag master biar gag mls????

Uchu on August 25, 2010 at 3:23 AM said...

@Mba' Dhana, Iya Mba' sama sama, tetap semangat.
@Harga Ponsel terbaru, Makasih sob, tetap semangat dalam beribadah :6:
@Kang Ican, Iya sob, harus semangat juga dalam tadarrus, sunnah Al Qur'an adalah di khatamkan 2 kali setahun.
@Oond, Ayo soob semangat, adako di Blog ini, search aja, Insya ALLAH dapat cara menghilangkan rasa malas beribadah.

ali fachru cakep zkalie said...

oeeee......
http://img63.imageshack.us/img63/3787/waaaht.png

anakogy on September 28, 2010 at 11:20 PM said...

slm knl buat dhana...

artikel sprt ini tg hrsnya byk dibaca..

Lili Yoanda Noris on January 12, 2011 at 9:32 PM said...

nice words :')

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger