Tentang Islam yang harus anda tahu

Bismillah. Alhamdulillah. Akhirnya bisa ngeposting lagi sob. Lama banget yah rasanya ngga' ngepost, jadi Rindu sama Blog ini. Hehehe. Tentang Islam yang harus anda tahu. Mungkin judul yang sangat tepat untuk Postingan kali ini. Sebelumnya ane mau bilanng, bahwa Masih sedikit orang yang mengetahui Islam kaya bagaimana. Banyak yang kita tidak tahu bahwa Ilmu Islam yang biasa kita Tahu, tapi kita tidak Menyadarinya.

Okelah saudara - suadara semuslimku. Langsung aja ke intinya yaah. Ada 5 Hal yang Harus anda Tahu :)
Hal Pertama :
Rukun Ikhsan ada Berapa.?
dulu kita seiring ditanya...
"rukun islam ada berapa?" kita jawab "Lima!!" "rukun Iman ada berapa?"kita jawab "Enam!!"

tapi kita belum pernah ditanya "Rukun Ikhsan ada berapa?" kita pun bingung... padahal sebenarnya kita tahu rukun ikhsan itu.
"ibadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatnya. Jika kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu"
padahal penomoran seperti rukun islam dan iman membuat kita lebih ingat. Jadi seharusnya yang kita ajarkan kepada anak-anak... bahwa Rukun Ihsan itu ada 2:
1. Beribadah seakan-akan kita melihat Allah
2. Yakin bahwa Allah sedang melihat kita...

dan rukun Ihsan adalah rukun Yang Lebih tinggi derajatnya dibandingkan Iman dan islam...
karena Ihsan adalah bukti bahwa kita Cinta Kepada Allah...
contoh:
jika kita yang belum nikah, biasanya pernah memiliki kekasih Idaman.dan saking cintanya.. kita pasti membayangkan Seolah-olah kita melihatnya, sehingga jika kita ingin bertemu dengannya, pasti harus memiliki persiapan yang bagus dan baik agar kita layak bertemu dengannya. tapi... Jika ternyata kita tahu bahwa Kekasih idaman itu sedang melihat kita,
bagaimana perasaan kita??? Biasanya kita berbunga-bunga, menjadi bahagia, dan sangat gembira. atau jika kita pengen berbuat salah, tapi tahu bahwa kita sedang dilihat kekasih kita, pasti kita langsung mengrurungkan niat. Begitu juga dengan Kekasih kita yang paling Abadi: Allah. karena itu rukun Ihsan itu rukun yang sangat penting untuk kita jalankan 
Hal Kedua :
Berhusnudzon Dengan Cara Berfikir Negatif

Caranya bagimana.? Itu bertentangan. Sebenarnya Husnudzon itu arti sesungguhnya adalah 'Berbaik sangka kepada Allah', bukan husnudzon kepada diri sendiri atau orang lain...
kenapa???
coba lihat contoh di bawah jika kita berbaik sangka kepada orang lain tanpa kepada Allah:
jika kita sedang naik motor, tiba-tiba ada motor yang lain yang menyerempet kita, lalu kita berpikir positif kepada orang itu:
"wah, ada yang menyerempet saya, mungkin dia buru-buru karena pengen ke toilet udah kebelet"
kelihatannya sih berpikir positif, tapi tahukah agan... sebenarnya dia sedang mendo'akan bahwa yang naik motor itu jadi kebelet pengen kencing padahal belum tentu itu mungkin kata2 bisa.. coba jika kalo berpikirnya kayak gini
"wah, ada yang menyerempet saya, mungkin ibunya sedang jatuh sakit" hayo... mw do'ain ibunya sakit?  jadi bagaimana sikap kita jika dihadapkan hal seperti itu?

salah satu caranya adalah: "Berpikir Negatif karena Berhusnudzon kepada Allah"
maksudnya gimana? kita ambil contoh yang tadi, Jika kita yang sedang naik motor ternyata diserempet orang lain, katakanlah:
"Mungkin ini karena dosa-dosa saya yang dahulu yang saya kerjakan, jadi Allah memperingatkan saya lewat ini.. Ya Allah terima kasih Kau dusah memperingatkanku.. Astaghfirullah.,.. Astaghfirullah... Astaghfirullah..."
berpikir bahwa kita memiliki dosa = berpikir negatif
berpikir bahwa Allah memperingatkan = Husnudzon

dan itulah yang dilakukan oleh para Nabi dan sahabat-sahabatnya serta para ulama.. jika mendapat masalah, pasti berpikir negatif bahwa ini karena dosa mereka, sehingga mereka beristighfar kepada Allah mohon Ampunannya. coba dengar saja lagu I'tiraf:
"Wahai Tuhan, ku tak layak ke surga-Mu", bukankah itu Husnudzon dengan cara berpikir negatif??
Atau Umar bin Khattab yang pernah berkata: "Apakah aku seorang Munafik?"
sehingga beliau justru meningkatkan kualitas ibadahnya dengan berpikir seperti itu? pokoknya mw berpikir negatif atau positif, Behusnudzonlah kepada Allah.. tapi berpikir negatif kepada diri sendiri akan dosa-dosa kita.
Karena Allah Tahu yang terbaik buat kita
Hal Ketiga :
ALLAH itu Jauh Tapi Dekat
Maksutnya apa.?
baiklah... ada yang berkata bahwa Allah itu Jauh di atas Arsy yang berada di langit ke tujuh... itu benar, dan kita harus meyakininya, karena ada disurat Thaahaa:5
tapi ada yang berkata bawha Allah itu sedekat urat leher.. itu benar... kita hrus meyakininya, karena ada di surat Qaaf:16
pertanyaannya:
Bagaimana bisa Allah itu Jauh sekaligus dekat?

Nah ini yang harus kita pahami.... ternyata..
Memang Allah itu sangat jauh jika dilihat dari jarak fisik atau jarak yang terlihat,
tapi sesungguhnya Allah itu sangat dekat jika dilihat dari jarak bathin atau ruhani...

Maka barang siapa yang mengejar kebahagiaan dari sisi materi , dari sisi kecantikan, atau kekayaan, maka kita akan semakin menjauh dari Allah, tapi barang siapa yang mengejar kebahagiaan dari sisi ruhani, dari sisi Keimanan, dari Sisi rasa Cinta kita kepada Allah, serta dari sisi mencari Ridho Allah... maka kita akan semakin mendekat kepada Allah

Karena itu mendekatlah lebih Jauh kepada Allah,
maka Allah akan Jauh lebih dekat dengan kita.
Hal Keempat :
Subhanallah Artinya bukan Maha Suci ALLAH
Lah, ngomong apaan sih.?
Maksudnya bukan dalam arti kata sebenarnya.Baik, mari kita lihat prakteknya...

Jika kita melihat Gunung yang sangat Indah.apa yang kita katakan??? jawabannya Subhanallah.tapi kadang kita tidak memahami... apa nyambungnya Gunung dengan Maha Suci?? kalo mw justru lebih nyambungnya ke 'Alhamdulillah?' atau 'segala puji' karena keindahan ciptaan-Nya?

dan padahal Maha Suci itu sebenarnya bahasa Arabya 'Al-Quddus'...

Ternyata..

Subhanallah itu kata dasarnya Sobaha, yang jika di kamus arab artinya adalah 'yang bergerak'

makajika dipahami implementasinya seperti ini:  "Subhanallah... Allah lah Yang Maha Menggerakkan semua ciptaan-Nya, dan Allah tidak bisa digerakkan oleh Makhluk-Nya, Sehingga DIA MAHA SUCI dari digerakkan oleh makhluk-Nya"

jadi maksudnya Maha Suci adalah 'Suci dari digerakkan atau diatur' bukan 'Suci dari Najis' itulah Mengapa 'Subhanallah' itu artinya menjadi 'Maha Suci Allah'

jadi, kita berdzikir dan bisa Memahami dzikir kita... semoga Allah Memasukkan kita ke dalam orang yang disucikan oleh-Nya.. Amiin
Hal Kelima
Kita memiliki yang ALLAH tidak miliki 
Mulai ngawur nih. Santai, akan dijelaskan ko sob.
Terjemahan Surat Al-Ikhlas :
1. Allah itu Maha Esa
2. Allah dimana Semua Makhluk Bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3. Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan
4. Dan Tak ada satupun yang menandingi Dia

Ternyata yang kita miliki tapi Allah itu tidak memiliki adalah Ayah dan Ibu
bagaimana mungkin Allah memiliki Ayah dan Ibu padahal Allah tidak diperanakkan???

dan Tahukah saudara - saudara ?? itu sebenarnya dari perkataan sahabat Rasulullah yaitu Hudzaifah... Dia berkata bahwa dia memiliki anak tapi Allah tidak.... karena Allah itu tidak beranak...
Alhamdulillah. Itulah lima Hal Yang harus diketahui, walaupun saya juga baru mengetahuinya. Semoga bisa menambah kedekatan kita kepada ALLAH SWT. Amiin

comment 6 komentar:

Anonymous said...

wih, luar biasa gan postingannya. Ane juga baru tau... Ternyata selama ini banyak yg salah kaprah tentang islam dan ajarannya. Thanks ya...... -_-

Isti said...

Alhamdullilah, aku banyak dapat info yang belum aku ketahui dari web ini, thanks ya atas posting-postingnya.

Anonymous said...

nice info gan

Anonymous said...

Subhanalloh.... Bagus bnget Postinganya kang...
Teruskan..! lanjutkan..! Insyaalloh Gusti Alloh membalas kebaikan akang..

coordinate on December 25, 2011 at 5:32 AM said...

keren...terutama masaha husnudzon tersebut di atas. mudah2an postingannya bertambah terus dan semakin berisi.

Anonymous said...

Syukron kang......Semoga Allah memberkati Akang.... :)

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger