Inilah Bentuk Bumi Menurut AlQur'an

Bismillah, Alhhamdulillah. Di Bulan puasa ini, masih bisa ngeposting lagi saudara saudara semuslimku :), yah memang selama bulan suci ini, ane jarang banget ngeposting di Blog ini, hehee. nah sekarang dapat ide ngeposting, ya seperti judulnya, Bentuk Bumi Menurut Al Qur'an.

Pada 1616, Galileo berpendapat bahwa bumi bulat. Pendapat ini menyebabkan dia dimusuhi oleh kalangan gereja yang waktu itu meyakini bahwa bumi datar dan sebagai pusat tata surya. Teori heliosentris yang dipegang oleh Galileo ini dianggap salah dan bertentangan dengan Alkitab. Karena itulah, ia dihukum oleh gereja. 

Hal yang demikian itu tidak pernah terjadi dalam peradaban Islam. Sebab, meski tidak secara gamblang menjelaskan bumi itu bulat, namun beberapa ayat secara tersirat menggambarkan hal itu. Misalnya terdapat dalam Surat Az Zumar ayat 5 yang artinya: ”Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam…”

Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala menggunakan kata “takwir” yang artinya menutup. Dalam kamus bahasa Arab, kata ini digunakan untuk menggambarkan pekerjaan membungkus atau menutup sesuatu di atas yang lain secara melingkar, sebagaimana surban dipakaikan pada kepala.

At-Thabari menjelaskan dalam tafsirnya bahwa yang dimaksud, ‘menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam’ adalah jika malam datang, siang pergi. Sebaliknya jika siang datang malam pun pergi.

Keterangan tentang siang dan malam yang saling menutup satu sama lain ini berisi penjelasan yang tepat mengenai bentuk bumi yaitu bulat. Sebab jika bumi datar, tidak akan terjadi pergantian siang dan malam secara teratur.

Ayat yang semakna dengan ayat tersebut terdapat dalam surat Al Imran ayat 27 yang artinya: “Engkau memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam..”

Berkaitan dengan ayat ini Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, Mujahid, dan Qotadah mengatakan bahwa antara siang dan malam saling memasuki. Dimana siang waktunya 15 jam lebih panjang daripada malam. Sedang malam waktunya 9 jam lebih pendek daripada siang. Ia juga bermaksud antara siang dan malam saling mengganti dimana yang satu hilang langsung diganti lainnya. (Lihat tafsir Qurtubi)
Pernyataan ini hanya benar jika bumi berbentuk bulat. Kedua ayat di atas mengisyaratkan bahwa bentuk planet bumi itu bulat. Hal ini membuktikan bahwa al-Qur’an selalu selangkah di depan penemuan-penemuan sains modern masa kini. Setiap kali ada penemuan-penemuan hebat pada setiap abad, ternyata al-Qur`an sudah menjelaskannya terlebih dahulu.
sumber : hidyatullah

comment 4 komentar:

agus handi mulyadi on August 30, 2011 at 12:32 AM said...

subhanallah sekali !!
semoga blog ini dapat bisa mempertahankan isinya dan selalu memberikan info2 yg bisa mempertebal iman kita !! Aminn !!subhanallah sekali !!
semoga blog ini dapat bisa mempertahankan isinya dan selalu memberikan info2 yg bisa mempertebal iman kita !! Aminn !!

AGUS SYARIFUDDIN said...

subchanallah sungguh kebesaran ALLAH swt tiada duanya. Ini merupakan suatu pelajaran yang sangat bermanfaat bagi seluruh manusia alam semesta. Semoga ini dapat menambah iman kita .AMIEN........

deek on December 16, 2011 at 9:04 AM said...

allohu akbar allah maha bsr.trus trang aja tiap kali aq bc entah itu kisah or sjarah bulu" di sekuju tubuhqu merinding.aq jd mikir knp aq ko msh aja badung.mdh"n dgn adanya stil muslim ini jd pengingat buat semua org trmasuk sy.bhw hdp kt cuma numpang lewat aja

Anonymous said...

Thanks For Artikel Nice .. ^^

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger