Sunnah Ketika Melihat Iringan Jenazah

sunnah ketika melihat iringan jenazahKematian itu sebuah keniscayaan. Setiap makhluk hidup pasti akan menemui yang namanya mati. Sebab kehidupan menuntun akhir, dan sebuah akhir dari kehidupan adalah kematian. Tapii, eh ada tapinya, Kematian merupakan awal dari kehidupan di akhirat kelak, sehingga kehidupan di dunia yang fana ini menjadi ajang perjuangan umat manusia untuk menorehkan segala amal kebaikan.
Tak salah, berita kematian bisa menjadi nasehat bagi orang yang masih hidup. Sebab kematian layaknya lonceng hati yang mampu menyeret emosi orang, lantaran ditinggal mati orang yang dicintainya. Sebaliknya, kemtaian itu meniupkan sebuah pesan : peringatan mengingat kematian.

Empat Kewajiban

Tapi Kematiam itu harus disesali tiada henti. Ajaran Islam mewajibkan setiap ummat Islam untuk merawat jenazah dengan baik, karena sebagi bentuk penghormatan terkahir. Ada empat kewajiban bagi setiap muslim terhadap jenazah (sesama muslim looh), Memandikan, mengkafani, menshalati, and the last menguburkan.

Setelah jenazah itu dimandikan, dikafani, dan di shalati, lalu di usung kepamakaman. Sebelum jenazah diberangkatkan kepemakaman, lazim digelar semacam upacara singkat sebagai pelepasan, dalam upacara itu keluarga almarhum biasanya memohon kepada pentakziah yang hadir utuk memaafkan segala kesalhan dan kekhilafan almarhum yang pernah dibuatnya semasa hidup.

Setelah upacara pelepasan usai kenazah pun di usung ke pemakamn. Nabi Muhammd SAW sendiri menghimabu umatnya untuk memeberangkatkan jenazah dengan segera ke tempat pemakaman, sabda Nabi dari Abi Hurairah, ra. bahwa Rosulullah bersabda,
Hendaklah kamu segera bawa jenazah itu, karena jika ia orang sholeh, maka kamu melekaskannya kepada kebaikan, tetapi jika ia bukan orang sholeh, maka supaya kejahatnnya itu lekas terbuang dari tanggungannya.

Sunnah untuk Berdiri

Tak jarang kita lihat, iring iringan jenazah itu haus menempuh jarak yang lumayan jauh, tergantung jarak rumah almarhum dengan pemakamannya. maka sepanjang jalan jika orang melihat jenazah lewat, sebagaimana disunnahkan Nabi, hendaklah memberi penghormatan dengan cara berdiri sambil mengucapkan do'a.

Penghormatan itu tidak hanya berlaku untuk jenazah muslim sob, tetapi juga berlaku untuk jenazah nonmuslim, sebagaimana Rosulullah bersabda dalam Riwayat Amir bin Rabiah ra. ia berkata : Rosulullah bersabda:
Apabila kalian melihat iringan jenazah, maka berdirilah untuk menghormtainya sampai iringan jenazah lewat meninggalkan kalian atau sampai diletakkan ke dalam kubur (HR Muslim)

Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dan artikel ini buat temen saya Muhtazar Latif, yang Ayahnya kemarin baru dikebumikan, do'akan semoga amal kebaikan di terima di sisi Allah SWT..

comment 9 komentar:

Boby on April 28, 2010 at 8:38 PM said...

waduh aku takut kang kalo mandiin jenazah...
pertama ni..

BeDa on April 28, 2010 at 8:46 PM said...

Kalau memandikan dan mengkafani hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukan (biasanya keluarga atau ulama setempat), sedangkan untuk menshalati dan menguburkan kita semua memiliki kesempatan besar meraih pahalanya karena mudah kita lakukan pada setiap jenazah muslim.

Salam ukhuwah

Roxx on April 28, 2010 at 8:48 PM said...

Kang kalo tata cara nyelawat dalam islam gimana ya? aQ masih kurang paham :6:

Uchu on April 28, 2010 at 8:51 PM said...

@Roxx, Insya Allah saya akan posting di kemudian hari Soob. Do'akan saja.

jaya on April 28, 2010 at 9:00 PM said...

Amin.... smoga dia di terima di sisi swt....
artikel yang bermanfaat membuat hati ku tenang bila membaca nya.. lanjutkan sahabat.

Uchu on April 28, 2010 at 10:36 PM said...

@Jaya, makasih atas doa n dukungannya soob. Insya Allah..

oketrik on April 29, 2010 at 4:18 AM said...

wah info yang bermanfaat nih, terkadang saya takut kalau melihta jenazah soalnya serem...!!! :1:

van on April 29, 2010 at 6:35 AM said...

ohhh harus berdiri ya chu kalo ada jenasah lewat,,
makasih ilmunya sobat :a:

Miss Rinda on April 29, 2010 at 6:03 PM said...

wah aku baru tw kl mlihat iringan jnazah itu sunnah,tapi kl aq liat iringan jenazah pasti diem dulu,sambil ngucap inalilahi waina ilaihi rajiun,,,

Post a Comment

Gunakan Hak Saudara sebagai Blogger untuk meninggalkan komentar sauadara Di Artikel Ini._^

 
© 2010 StiLL MusLim is proudly powered by Blogger